Friday, November 15, 2013

Saya Ketemu Orang Aneh

Diposkan oleh Popuri di 11:27 PM
Kalau kemarin dulu banget ngomongin bis, sekarang mari kita ngomongin angkot. Bukan masalah tidak berperikemanusiaannya kalo ngetem. Ini soal penumpang yang pernah aku temuin di angkot.
Pernah suatu kali, aku mau pulang nih ceritanya. Istilah kerennya mudik. Dari kampus naik angkot, sampai di suatu tikungan itu angkot berhenti bentar nunggu penumpang. Dapet satu penumpang, mbak-mbak. Karena aku emang orangnya punya rasa ingin tahu yang tinggi (baca:kepo), makanya aku perhatiin mbak itu sejak pertama kali menjejakkan kakinya di angkot. Dalem hati aja sih bilang, ini mbaknya aneh. Anehnya gimana? Dia pake kalung, semacem manik-manik gitu warnanya putih, gede-gede banget. Dia itu lagi telpon, hapenya blekberi buatan cina. Pas lagi telpon air ludahnya kemana-mana. Bikin aku beriyuh-iyuh. Joroklah pokoknya.
Selama angkotnya jalan sesekali aku ngeliatin mbak itu (kalau ini emang murni kurang kerjaan sih). Di tengah perjalanan dia tanya, “Mbak xndhdsfdj3%778@?” wajahnya datar.
Aku nggak ngerti dia ngomong apaan, “Apa?” aku tanya lagi.
“gdkjsakjd##(0*mjhgjsj?”
Aku tetep nggak ngerti.
Kemudian baru mbak itu mendekat pikirnya aku udah kena bolot akut, “Mbak punya uang dua ribu?” wajahnya masih datar
Ditanya begitu aku nggak langsung ngeh. Aku analisis dululah pertanyaannya. Maksud dia apa tanya begitu. Apa mau tuker uang? Mau ngasih duit aku gara-gara liat wajahku? Atau mau minta duit ke aku?
“Heh.., buat apa?”
“Uangku kurang mbak,” datar juga.
Otakku langsung reaksi. Ini orang siapa? Apa aku kenal? Apa temennya temen? Apa sodara? Apa adek beda bapak, beda ibu?
Nggak langsung tak kasih sih, enak aja. “Emang mau ke mana?”

“Ke Ungaran,” nggak ada tampang memelas.
Aku langsung ambil uang buat tak kasihin dia, sambil masih bingung. Ini orang kok pede banget. Berani banget dia minta duit ke orang yang dikenal di angkot. Nah iya kalau ketemu aku, mahasiswa yang dermawan ini, kalau enggak gimana coba? Disuruh dorong angkot tuh anak. Seenggak punyanya duit, kenapa dia nggak pinjem temennya yang kenal sih tadi di kampus.
Setelah aku kasih duit, dia nggak repot-repot bilang terimakasih loh sama aku. Hehe. Iya aku ikhlas sih, tapi tetep aja ngerasa aneh.
Nah udah sampai di sini cerita ini,  tapi tunggu, masih ada kelanjutnya di segmen selanjutnya. Masih ada hubungannya.
Beberapa minggu setelah kejadian itu aku udah lupa. Aku mau berangkat ke kampus lagi dari rumah. Biasa, habis turun dari bis harus naik angkot dulu. Biasa juga, angkot itu ngetem dulu. Aku sih udah apal banget durasi ngetemnya, kan udah bertaun-taun naik angkot itu.
Awalnya sendirian, terus ada dua orang masuk, cewek semua. Sekali lagi aku kasih tau, aku kan suka merhatiin orang nih. Nah, salah satu dari cewek itu, aku merasa kenal wajahnya. Setelah beberapa saat aku inget, dia itu cewek misterius dan aneh yang pernah minta duit dua ribu di angkot sejenis ini.
Selama nunggu di angkot aku perhatiin dia. Kelakuannya emang aneh, dan salah satu yang dia lakukan adalah ini…
DSC_0131ED
Entah kenapa waktu merhatiin dia lagi ngupil *sambil nahan muntah* aku langsung kepikiran. "Foto dia! Tulis di blog!” Dengan nekat dan sok-sok nggak perhatiin, aku nyalain kamera hape. Aku sih pura-puranya liat kebelakang. Padahal sambil motret dia. Nggak cuma motret malah, videonya juga ada. Kok bisa sih? Ya bisa lah! Aku! *lempar tomat* Tapi yang versi video nggak bisa aku upload di sini. Bukan karena koneksi internet yang lemot #iyajugasihkadang, nggak enak aja nayangin orang ngupil.
Udah gitu aja ceritanya? Nggak dong. Masih lanzuuut!
Sopir angkot masih ngetem selama beberapa tahun saat. Emang lama sih, tapi ya emang biasa gitu. Mbak Upil tadi (selanjutnya akan dipanggil dengan sebutan itu) nggak sabaran. Dia berkali-kali mendengus, “Hehhh!”, “CKK!”. Ngodein sopir angkot biar cepet jalan atau mau buang ingus nggak begitu jelas. Awalnya sih aku diem aja. Dia tambah nyebelin, ngeluh mulu, terus bilang. “Lama"!”, “Kesuwen!” (baca:lama) beberapa kali. Aku yang udah jengkel denger dia ngeluh terus langsung ngomong ke dia
Aku: Keburu-buru, Mbak?
Mbak Upil: *ngeliatin aku tapi diem*
Aku: Keburu-buru mbak? (aku ulangin barangkali dia nggak denger)
Mbak Upil: *masih diem* (kita anggap saja dia agak kena gangguan THT)
Aku: Kalau mau cepet itu ada ojek.
Mbak Upil: *masih diem*
Aku: Itu loh! *aku nunjuk ke arah tukang ojek yg mangkal*
Mbak Upil: Mahal (satu-satunya kata yang keluar dari mulutnya dibarengi dengan ekspresi mukanya 10x lebih nyebelin)
Aku: Ya udah, kalo gitu tunggu! (ceritanya digalak-galakin)
Mbak Upil yang daritadi diem, jadi tambah bisu. Mungkin malu atau apa aku juga nggak tahu dan nggak peduli. Yang penting aku udah puas bentakin dia.Hehe. Jahat, ya? Biarin.
Setelah beberapa menit Mbak Upil keluar dari angkot karena nggak sabar juga dongkol abis aku bentak. Aku ketawa dalam hati. Makan tuh! Makanya nggak usah kebanyakan gaya. Naik angkot di situ emang ngetem. Kalo nggak mau ya ngojek atau naksi aja. Mahal? Ya udah jalan kaki aja. :)
ttd popuri

0 komentar:

Post a Comment

 

SluuuRRRppps..! Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review